Perkembangan Dunia Islam Pada Abad Ke-21

Uraiang tentang perkembangan Islam abad ke XXI merupakan rangkaian sejarah yang tidak akan lepas dari perkembangan Islam pada abad-abad sebelumnya, pada abad yang sering dinamakan dengan modernisasi pembaharuan dan sebagainya, apa yang terjadi pada abad ke XXI merupakan dampak dari segala hal yang sangat komplek yang terjadi pada abad sebelumnya, munculnya isu-isu terorisme, liberalisme, sekularisme dan sebagainya tidak lepas dari rangkaian peristiwa abad-abad sebelumnya.

Perkembangan dunia islam abad XXI menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan dan dibahas secara jelas. Tidak hanya satu media, berbagai media tampaknya turut menjadikan masalah ini  menjadi masalah yang penuh dengan konflik serta pro dan kontra di kalangan umat islam maupun kalangan non islam sendiri.

Sepanjang abad ke-20 dan abad ke-21 ini, pergolakan terus berlangsung di bumi islam. Dari tahun ke tahun, hari ke hari, menit ke menit, bahkan detik ke detik, umat islam terus dipertontonkan dengan peristiwa penzaliman, pembasmian, dan kebiadaban yang terus ditimpakan kepada mereka. Sementara itu dari hari ke hari media Barat seolah tidak ada habisnya berusaha mencari-cari benang merah antara terorisme dan umat Islam. Umat Islam juga tidak bisa berbuat banyak ketika anak-anak di Irak menangis diantara desingan peluru dan reruntuhan peradaban Baghdad. Dalam bahasa yang pendek, umat Islam justru dipinggirkan di tengah arus globalisasi ini.

Namun demikian dengan segala pergolakan dan tantangan yang ada, umat Islam harus terus bangkit demi kebangkitan Islam yang sebenarnya. Tantangan zaman yag ada , diharpkan mempu membuat umat Islam menjadi dewasa menghadapinya. Karena fakta yang ditemui menjelaskan bahwa untuk memujudkan kejayaan Islam bukanlah perkara mudah. Umat Islam telah begitu lama tertidur pulas. Tatkala bangun dari tidurnya, mereka menemukan dirinya tergeletak tak berdaya di pojok ruangan peradaban dunia. Mereka harus menyadari bahwa kini mereka bukanlah “singa yang menggetarkan peradaban Romawi dan Persia” seperti zaman Nabi dahulu.

Dampak Penjajahan Barat kepada Umat Islam

Berawal dari revolusi industri di Eropa, dilanjutkan dengan upaya mencari daerah penghasil bahan rempah-rempah, kemudian berakhir dengan penjajahan dengan negara-negara luar Eropa. Selanjutnya bangsa Barat mencengkramkan agama dan pemikirannya kepada bangsa jajahan tersebut. Maka yang ditinggalkan adalah kebodohandan ketertinggalan meskipun bangsa jajahan tersebut kimi telah merdeka. Ketertinggalan tersebut besifat menyeluruh, dari bidang politik, ekonomi social, pendidikan, pemikiran maupun bidang-bidang yang lain. Yang lebih menyedihkan adalah bahwa mayoritas Negara yang terjajah itu adalah Negara-negara dengan mayoritas penduduk umat Islam.

baca selengkapnya….

About these ads