Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran

Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan terpenting untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam manajemen kurikulum diatur berbagai aspek rancangan pembelajaran yang dilakukan secara berproses untuk kebutuhan guru, siswa, dan pembelajaran itu sendiri. Manajemen kurikulum ini merupakan tugas yang sangat kompleks, yang selalu membahas berbagai faktor baik enksternal maupun internal, terutama yang berhubungan dengan kompleksitas pembelajaran itu sendiri, serta berbagai isu yang timbul bagi para pemimpin kurikulum.

Secara umum, manajemen kurikulum harus dapat mengatasi empat pertanyaan kunci yang merupakan inti dari kegiatan kurikulum itu sendiri, yaitu:

  •  Siapa?  (Who); Dalam hal ini adalah Siswa dan Guru
  • Apa? (What); yaitu kurikulum itu sendiri
  • Mengapa? (Why) ; yang dijelaskan adalah tujuan dan nilai sekolah.
  • Dimana?(Where); dalam hal ini adalah sekolah sebagai tempat pembelajaran.

Banyak diskusi manajemen kurikulum di masa lalu cenderung berfokus pada pertanyaan “apa?”, padahal hal ini belum mewakili semua objek yang ada pada kurikulum itu sendiri. Untuk itu, yang penting dilakukan oleh para manajer kurikulum adalah kurikulum yang integratif, yang dapat menghubungkan “apa” dengan “siapa”, “mengapa” dan “dimana”.

Untuk itu, dalam pembahasan ini yang dapat dijelaskan adalah mengidentifikasi  3 (tiga) dimensi atau tahapan pokok tentang kurikulum, yaitu:

  1. Maksud Kurikulum (the intended curriculum); yaitu apa yang direncanakan.
  2. Tawaran kurikulum (the offered curriculum); yaitu apa yang diajarakan oleh guru.
  3. Penerimaan Kurikulum (the received curriculum); yaitu pengalaman apa yang benar-benar diperoleh siswa dari dalam kelas.

Dalam hal ini yang menjadi tugas utama kepemimpinan kurikulum adalah memastikan bahwa ketiga dimensi di atas berada dalam satu kesatuan yang harmonis; yakni dapat berperan secara integratif; dan salah satu yang dibutuhkan adalah perhatian yang serius terhadap pertanyaan bagaimana guru dan murid dapat menafsirkan, memberlakukan dan memberikan makna tersendiri terhadap kurikulum yang direncanakan.

Proses Manajemen Kurikulum

Sebuah cara yang bermanfaat tentang konseptualisasi manajemen kurikulum adalah sebagai suatu proses siklus yang meliputi empat tahapan utama atau tugas, yaitu: perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi, serta audit. baca selengkapnya…


About these ads