Bentuk-Bentuk Analisis Kebijakan

Analisis kebijakan  adalah aktifitas intelektual dan praktis yang ditujukan untuk menciptakan, secara kritis  menilai, dan mengomunikasikan pengetahuan yang relevan  tentang dan dalam proses kebijakan. Analisis kebijakan publik bertujuan memberikan rekomendasi untuk membantu para pembuat kebijakan dalam upaya memecahkan masalah-masalah publik. Di dalam analisis kebijakan publik terdapat informasi-informasi berkaitan dengan masalah-masalah publik serta argumen-argumen tentang berbagai alternatif kebijakan, sebagai bahan pertimbangan atau masukan  kepada pihak pembuat kebijakan.

Pembuatan kebijakan merupakan proses politik. Dengan demikian informasi yang dihasilkan belum tentu digunakan oleh pengambilan kebijakan. Seorang analis harus aktif sebagai agen perubahan, paham struktur politik, berhubungan dengan orang yang mempengaruhi kebijakan yang dibuat, membuat usulan yang secara politis dapat diterima pengambil kebijakan, kelompok sasaran, merencanakan usulan yang mengarah kepada pelaksanaan.

Seorang analis hanya satu dari banyak pelaku kebijakan, dengan pelaku kebijakan merupakan salah satu elemen sistem kebijakan.  Setidaknya ada tiga elemen sistem  kebijakan secara integral :

  1. Kebijakan publik, merupakan serangkaian pilihan yang dibuat atau tidak dibuat oleh badan atau kantor pemerintah, dipengaruhi atau mempengaruhi lingkungan kebijakan dan kebijakan publik.
  2. Pelaku kebijakan, adalah kelompok masyarakat, organisasi profesi, partai politik, berbagai badan pemerintah, wakil rakyat, dan analisis kebijakan yang dipengaruhi atau mempengaruhi pelaku kebijakan dan kebijakan publik.
  3. Lingkungan kebijakan, yakni suasana tertentu tempat kejadian di sekitar isu kebijakan itu timbul, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh pelaku kebijakan dan kebijakan  publik.

Secara umum tujuan analisis kebijakan negara adalah menyediakan informasi untuk para pengambilan kebijakan yang digunakan sebagai pedoman pemecahan masalah kebijakan secara praktis.  Oleh karena itu  dapat pula ditegaskan bahwa  analisis kebijakan tidak hanya sekedar menghasilkan fakta, tetapi juga menghasilkan informasi tentang nilai dan arah tindakan yang lebih upaya untuk menghasilkan informasi dan argumen, analis kebijakan dapat menggunakan beberapa pendekatan, yaitu : pendekatan Empiris, Evaluatif, dan Normatif :

baca selengkapnya…