KONSEP DASAR MANAJEMEN

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia  tidak pernah lepas dari kegiatan manajemen, baik dalam skala kecil yang dimulai dari rumah tangga, maupun skala besar seperti manajemen organisasi pemerintahan negara. Semua komponen yang terlibat dalam kegiatan manajemen harus mengetahui seluk-beluk konsep manajemen; minimal konsep dasarnya, agar segala tujuan diinginkan dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Berbicara tentang manajemen berarti berbicara tentang pengaturan. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu. Kehidupan manusia sebagai makhluk yang bersosialisasi mengharuskan kegiatan manajemen mau tak mau harus dilakukan. Karena pada kenyataannya, kemampuan manusia itu sangat terbatas (baik fisik, pengetahuan, maupun waktu dan perhatian), sedangkan kebutuhan mereka tidak pernah terbatas. Maka usaha untuk memenuhi kebutuhan, terbatasnya kemampuan dalam melakukan pekerjaan sendiri, mendorong manusia membagi pekerjaan, tugas dan tanggungjawab dengan orang lain. Dengan adanya pembagian tugas dan tanggungjawab itulah maka terbentuklah kerjasama dan keterkaitan yang terformulasi dalam kegiatan manajemen.

Oleh sebab itu, kegiatan manajemen tidak bisa terhindarkan, karena selalu ada dan mengatur kegiatan sehari-hari manusia, baik di rumah tangga, sekolah, koperasi, yayasan, pemerintahan dan lain sebagainya. Begitu pentingnya kegiatan manajemen itu sehingga kita dituntut untuk mempelajari seluk beluknya secara komprehensif demi kebaikan bersama di masa mendatang.

Maka untuk itu, makalah sederhana ini berusaha menjelaskan konsep-konsep dasar manajemen serta bebeberapa fungsi dan manfaat yang menyertainya. Sehingga dengan demikian kita dapat sedikit mengeruk informasi tentang konsep manajemen sebagai pelengkap perbendaraan keilmuan kita.

A-         PENGERTIAN MANAJEMEN

Dalam Wikipedia Ensiklopedia Bebas di situs http://id.wikipedia.org, disebutkan bahwa kemungkinan besar kata “manajemen” berasal dari bahasa Italia (1561), yaitu “maneggiare” yang artinya “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda”. Selanjutnya kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” [yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda], dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.[1] Namun secara sederhana dan mudah dimengerti, Malayu S.P. Hasibuan menyebutkan bahwa manajemen berasal dari kata “to manage” yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu. Jadi manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.[2]